Kamis, 14 April 2016

MAKNA PUASA 3 HARI PUASA ESTER

PUASA ESTER 
PUASA PEMUTAR BALIKAN KEADAAN.


Ester adalah sisa bangsa Yahudi yang selamat dari pembantaian bangsa Persia. Ester yang yatim piatu tinggal dengan pamannya bernama Mordekhai yang yatim piatu juga. Ester yang diibaratkan sebagai Bintang Fajar, Venus karena super cuantiiik akhirnya dipilih Raja Persia bernama Xerxes. Ahasyweros menjadi ratu baru menggantikan ratu pertama, Wasti, yang konon membuat raja naik pitam karena menolak titah raja. Singkat cerita Ester yang asli Yahudi terpilih mutlak mengalahkan puluhan wanita lainnya. Ester mampu menjadi Ratu yang dicintai Raja dan rakyatnya. Namun suatu saat ada pergolakan politik yang di-proavokator-i oleh perdana menteri bernama Haman. Dengan segala cara, Haman ingin memusnahkan bangsa Yahudi. Saat itulah paman Ester, Mordekhai berperan membela bangsanya. Mordekhai melakukan yang bisa ia lakukan, tetapi ia tahu kalau ia perlu peran "orang istana" untuk turun tangan. Lantas Mordekhai berpesan pada Ester untuk berbuat sesuatu demi menyelamatkan bangsanya. Ester mengajak semua komunitasnya di istana, dan komunitas Yahudi di luar istana, untuk berpuasa, menjauhkan diri dari kesibukan dunia dan mendekatkan diri pada Tuhan, meminta pertolongan Tuhan dengan berfokus pada berdoa dan berdoa selama tiga hari tiga malam. Setelah berpuasa tiga hari tiga malam, Ester baru berani melakukan tindakan yang bisa mengancam nyawanya. Jaman itu konon nggak boleh siapapun menghadap raja, kecuali Raja yang minta. Bahayanya, kalau Raja lagi bete, eh tiba-tiba ada orang berani menghadap, maka siapapun bisa dibunuh. Karena tahu persis ancaman itu, Ester tidak berani bertindak apapun. Ester tidak berani menghadap, dalam arti mengadu, karena memang mekanismanya begitu. Kalau Raja yang mendatangi Ester, baru deh Ester boleh curhat. Masalahnya, nungguin Raja Xerxes mendatangi Ester tidak bisa diprediksi. Ester harus bertindak lebih dulu, kalau tidak Haman yang duluan mewujudkan ambisinya untuk pembantaian orang Yahudi. Karena itulah, Ester melaksanakan Puasa Ester. Dan terbukti setelah berpuasa penuh, Ester barulah mendapat keberanian ekstra (bisa dimaklumi kalau Ester takut, nyawa taruhannya). Selanjutnya Ester berani menghadap Raja, dan untungnya (heheh) Raja tidak marah, bahkan Raja Xerxes mengatakan, kalau Ester minta setengah kerajaannya, ia akan berikan. Dan dalam kesempatan itu, Ester mendapat hikmat Tuhan Ia tidak langsung ba bi bu menunjuk hidung si Haman, tetapi Ester malah mengundang Raja dan Haman untuk menikmati jamuan istimewa. Buat Raja itu hal biasa, tetapi buat Haman itu adalah penghargaan luar biasa. Sepulang dari perjamuan Ratu Ester, Haman sangat bangga, karena ia menganggap dirinya disejajarkan dengan Raja. Padahal seharusnya Haman berpikir, ada apa neh, kok tumben Ratu mengundang. Sayangnya Haman tidak introspeksi, dan akhirnya di perjamuan kedua, baru Ester menunjuk hidung Haman. Kisah Ester ini ditutup dengan Raja murka mendengar rencana Haman, dan Haman digantung, sementara Ester dan Mordekhai mendapat kehormatan luar biasa. 
Kenapa di katakan PUASA ESTER ADALAH PUASA PEMUTARNALIKAN KEADAAN yaitu:

  1. Ester yang seharusnya menyerahkan Nyawanya justru mendapat kemurahan, yang Ester pikir hanya menyelamatkan bangsanya justru mendapat apa yang tidak pernah di pikirkan yaitu setengah kerajaan di berikan kepada dia kalau dia mau. 
  2. Bangsa yang seharusnya berduka justru bersukacita
  3. Bangsa yang seharusnya dimusnakan malah memusnahkan. 
  4. Mordekhai yang seharusnya digantung justru orang yang membenci dia yang di gantung
  5. Haman yang ambisi mendapat kedudukan dan di hormati justru di rendahkan dan mati.
  6. Mordekhai yang seharusnya di rendahkan justru di tinggikan. 
Kekuatan DOA PUASA ESTER sangat luar biasa.

BEBERAPA CONTOH PUASA YANG LUAR BIASA

  1. Puasa Ester, 3 hari 3 malam tidak makan dan tidak minum (Est 4:16) 
  2. Puasa Yunus, 3 hari 3 malam dalam perut ikan (Yunus 1:17) 
  3. Puasa Paulus, 3 hari saat dia buta dan perubahan luar biasa terjadi di Hidupnya.
  4. Puasa Daud, 7 hari tidak makan dan semalaman berbaring di tanah (2 Sam 12:16) 
  5. Puasa Ayub, 7 hari 7 malam tidak bersuara (2:13) 
  6. Puasa Daniel, 10 hari hanya makan sayur dan minum air putih (Dan 1:12)
  7. Puasa Daniel 21 hari, doa dan puasa (Dan 9:3), berkabung selama 21 hari (Dan 10:2) 
  8. Puasa Musa, 40 hari 40 malam tidak makan dan tidak minum (Kel 24:16 dan Kel 34:28)  
  9. Puasa Elia, 40 hari 40 malam berjalan kaki (1 Raj 19:8) 
  10. Puasa Niniwe, 40 hari 40 malam tidak makan, tidak minum dan tidak berbuat jahat (Yunus 3:7) Puasa Pengampunan dan Kemurahan Tuhan.
  11. Puasa Tuhan Yesus 40 hari di padang gurun. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar